Menampilkan lirik lagu

Lirik lagu atau teks lagu bisa anda tampilkan ketika sedang memainkan file audio berisi lagu hits kesayangan, puisi, atau orasi yang membangkitkan motivasi semangat anda. Lirik lagu bisa anda tampilkan pada layar komputer atau juga pada ponsel yang sudah support untuk menampilkan file lirik.

Untuk melakukan hal ini, yang anda perlukan selain software pemutar lagu adalah software atau plugin penampil lirik dan file lirik yang akan dipasangkan dengan file audio yang sedang anda mainkan.

Kemungkinan ada beberapa software keluaran terkini yang sudah menyertakan plugin bawaan untuk menampilkan lirik. Namun jika tidak, anda bisa coba software-software atau plugins dari pihak ketiga.

Berikut ini software atau plugin penampil lirik yang pernah Shofera coba, diantaranya :

MiniLyrics
Software keluaran Crinsoft ini merupakan tools penampil lirik yang cukup mantap dengan banyak pilihan tampilan lirik yang bisa anda ubah sesuai selera. Selain itu MiniLyric juga support untuk beberapa software pemutar audio terkenal di antaranya Winamp2, Winamp5, Windows Media Player 9.0, 10, Foobar2000, RealPlayer

screenshoot MiniLyric


MiniLyric bisa anda download di sini:
http://www.ziddu.com/download/8929244/minilyric6.5.281.rar.html

Lyrics3 Plugin v1.20
Plugin untuk Winamp ini menurut shofera cocok bagi anda yang menghendaki tampilan lirik yang simpel dan mudah penggunaannya. Meskipun dibilang sederhana bukan berarti tanpa kelebihan. Plugin hasil karya Alond Gingold ini bisa anda gunakan sebagai kendali seek lagu yang sedang anda lantunkan. Cukup dengan hanya double click pada list lirik, kursor lagu akan berganti sesuai lirik yang anda pilih. Tools yang ringkas namun efektif, apalagi plugin ini support untuk media player yang paling banyak penggunanya yaitu Winamp.

screenshoot Lyric3Plugin


Lyrics3 Plugin v1.20 bisa anda download di sini:


Lirik Lagu di Ponsel
Sementara untuk menampilkan lirik lagu pada ponsel, hanya pada ponsel tertentu saja yang bisa melakukan ini. Pada ponsel bersistem operasi Symbian misalnya, ada aplikasi LCG Jukebox yang memiliki fasilitas menampilkan lirik. Atau bagi anda yang menggandrungi gadget keluaran Cina, jangan khawatir karena sebagian besar ponsel Cina mampu menampilkan lirik. Dengan syarat sudah anda copykan file lirik tentunya.

File Lirik
Kemudian, bagaimana software/plugin atau ponsel anda bisa membaca dan menampilkan lirik.
Pastikan anda telah memiliki file lirik, biasanya berekstensi .lrc. Banyak situs dan blog di internet yang menyediakan unduhan untuk file lirik ini.
Tempatkan file lirik pada satu folder yang sama dimana anda simpan lagu anda. Berikan pula nama yang sama dengan lagu tersebut.

screenshoot Save File lrc


Nah, anda sudah siap berkaraoke ria dengan melihat lirik yang terpampang. Teks lirik ini sangat berguna khususnya bagi anda yang sedang berkaraoke atau untuk menghafalkan sebuah lagu.


Mungkin informasi ini bukan hal baru bagi sebagian orang tapi bagi anda yang butuh referensi tambahan semoga sharing dari Shofera ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait